Apa Fungsi Fakta Dalam Teks Eksplanasi

Apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi | Salah satu materi yang sering dibahas dalam pelajaran jenjang mengengah atas adalah teks eksplanasi. Materi teks eksplanasi yang sering dipelajari adalah pengertian, ciri-cirinya, struktur, fungsi fakta ilmiah dan lain-lain. Mengenal dan paham tentang materi teks eksplanasi menuntun kita membuat tulisan berupa informasi mengenai ilmu pengetahuan.

Pengertian Teks Eksplanasi

Hal pertama yang harus diketahui untuk memudahkan dalam memahami teks eksplanasi, adalah mempelajari pengertiannya. Ini merupakan pondasi awal untuk memahami unsur-unsur lainnya. Eksplanasi merupakan istilah bahasa Inggris “explanation” yang memiliki arti “penjelasan” atau “keterangan”. Sederhananya eksplanasi adalah sebuah teks yang berisi penjelasan atau keterangan tentang suatu kejadian. Teks eksplanasi adalah sebuah teks yang berisi tentang bagaimana dan mengapa proses suatu kejadian sosial, ilmu pengetahuan dan lainnya bisa terjadi.

Menurut kaidah kebahasaan secara umum, teks eksplanasi sama seperti kaidah pada teks prosedur. Eksplanasi merupakan kategori faktual (nonsastra), menggunakan banyak kata yang bermakna denotatif. Teks Eksplanasi memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan jenis teks lainnya, adapun ciri-ciri teks eksplanasi ialah sebagai berikut:

  • Informasi yang disampaikan di dalam teks eksplanasi berdasarkan pada fakta
  • Membahas fenomena yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan atau bersifat ilmiah
  • Bersifat informatif dan tidak berusaha untuk mempengaruhi pembaca
  • Teksnya terdiri dari tiga struktur, yaitu pernyataan umum, deretan penjelas atau sebab-akibat dan interpretasi
  • Penjelasan pada teks ini menggunakan sequence markers, seperti pertama, kedua, ketiga dan lainnya.

Teks Eksplanasi memiliki 3 struktur yang membangunnya sehingga menjadi satu kesatuan, adapun struktur teks eksplanasi ialah sebagai berikut:

  1. Pernyataan Umum, memuat tentang penjelasan umum mengenai suatu topik atau peristiwa yang dibahas. Pernyataan ini bisa berupa pengenalan atau penjelasan singkat tentang suatu peristiwa.
  2. Deretan Penjelas, mempunyai informasi mengenai sebab-akibat suatu peristiwa atau fenomena. Bagian ini disusun demikian rupa untuk menjelaskan suatu peristiwa dari awal hingga akhir.
  3. Interpretasi, merupakan teks penutup dan bukan suatu keharusan. Interpretasi menjelaskan kesimpulan umum dan deretan penjelas dari topik yang dibahas.

Apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi

Teks Eksplanasi dalam penulisannya harus menggunakan istilah-istilah yang ilmiah menggunakan kalimat pasif. Menulisnya lebih sering menggunakan verba material dan verna relasional “kata kerja aktif”. Eksplanasi banyak menggunakan konjungsi kausal dan waktu, contoh, sebelum, pertama, jika, kemudian, sehingga. Tujuan penulisan eksplanasi untuk menjustifikasi bahwa sesuatu yang dijelaskan secara fakta itu benar adanya.

Fungsi dari fakta ilmiah ini untuk menerangkan mengenai urutan sebab akibat dari sebuah peristiwa yang sudah terjadi. Fakta juga bisa digunakan untuk memberikan sebuah contoh agar para pembaca bisa memahami sebuah teks eksplanasi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *