skip to Main Content
1-800-987-654 admin@totalwptheme.com Open 7AM - 8PM

Apa hubungan persatuan dan keberagaman

Apa hubungan persatuan dan keberagaman | Persatuan dan keberagaman adalah modal dasar serta tantangan bagi negara majemuk seperti Indonesia dalam membangun. Keberagaman dapat memperkokoh persatuan atau sebaliknya bisa meruntuhkan persatuan bila tidak dikelola dengan baik. Keberagaman secara umum bisa terjadi karena adanya perbedaan etnis, suku, agama, adat budaya, bahasa, dan lainnya.

apa hubungan persatuan dan keberagaman

Lantas, apa hubungan persatuan dan keberagaman?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), persatuan adalah gabungan (ikatan, kumpulan, dan sebagainya) beberapa bagian yang sudah bersatu. Sebelum terwujudnya persatuan tentulah ada suatu sebab, proses, peristiwa yang melatarbelakangi penyatuan tersebut. Negara Indonesia sudah mengalami sejarah yang sangat panjang untuk menjadi bangsa yang bersatu.

Indonesia merupakan negara besar dengan tingkat keberagaman yang tinggi dan unik. Indonesia memiliki belasan suku bangsa, 5 agama yang diakui negara, adat budaya serta bahasa yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut tidak menjadi penghalang untuk mewujudkan persatuan dalam bingkai negara Indonesia merdeka yang berdaulat.

Perasaan senasib ingin lepas dari penjahan menjadi landasan atau dasar dalam mewujudkan persatuan.

Persatuan yang terwujud dari keberagaman dan latar belakang yang berbeda-beda namun ada keinginan untuk mempunyai sebuah kesamaan. Maknanya persatuan tersebut muncul karena adanya keberagaman. Bila semua memiliki latar belakang yang sama maka tidak ada yang namanya persatuan.

Keberagaman berbanding lurus dengan tingkat toleransi, jadi semakin tinggi keberagaman maka makin tinggi juga tingkat toleransi serta usaha untuk bersatu. Karena keberagaman merupakan kondisi sosial di masyarakat di mana terdapat sebuah perbedaan karena suku, agama, dan ras.

Persatuan dalam keberagaman negara Indonesia terikat pada semboyan bangsa kita yaitu Bhineka Tunggal Ika. Semua masyarakat Indonesia harus selalu memupuk jiwa toleransi dalam dirinya. Toleransi sangat dibutuhkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia yang terdiri dari banyak Suku Agama, Ras, dan Budaya.

Baca juga:  Jelaskan Soko Guru Demokrasi Universal

Banyaknya keberagaman sangat mendasari kehidupan berbangsa negara Indonesia. Diperlukan rasa persatuan yang tinggi bahwa kita ini satu darah, satu bangsa, dan satu tanah air agar bisa hidup rukun dan damai.

Hubungan antara persatuan dan keberagaman sangat diharapkan mampu menjaga bangsa ini. Tanpa ada rasa persatuan, keberagaman dengan perbedaan yang ada dapat menimbulkan konflik yang sangat merugikan. Mari kita bayangkan jika tidak ada persatuan pada negara Indonesia. Mungkin saja, negara ini yang dulunya dijajah Portugis, Belanda, hingga Jepang tidak akan merdeka seperti sekarang.