skip to Main Content
1-800-987-654 admin@totalwptheme.com Open 7AM - 8PM

Fungsi Membran Sel Beserta Pejelasannya

Fungsi membran sel adalah untuk melindungi inti sel dan sistem kelangsungan hidup sel yang bekerja di dalam sitoplasma. Membran sel merupakan bagian yang umumnya dimiliki oleh semua jenis sel berupa lapisan yang disebut membran plasma, yang memisahkan sel dengan lingkungan di luar sel.

Membran sel pada sel eukariota berfungsi membungkus organel-organel di dalamnya, terbentuk dari lipid dan protein. Membran sel umumnya berjenis fosfolipid seperti senyawa antara fosfatidil etanolamina dan kolesterol. Membran sel biasanya membentuk struktur dengan dua lapisan bersama dengan permeabilitas tertentu sehingga tidak semua molekul dapat melalui membran sel. Tetapi terdapat transporter di sela-sela molekul fosfolipid sebagai jalur masuk zat-zat yang dibutuhkan dan jalur keluar zat yang tidak dibutuhkan oleh sel.

Membran sel memiliki komponen penyusun antara lain fosfolipid, protein, oligosakarida, glikolipid, dan kolesterol.

Fosfolipid

Fosfolipid adalah golongan senyawa lipid sebagai bagian dari membran sel makhluk hidup yang terdiri dari: asam lemak, gugus fosfat, alkohol yang mengandung nitrogen, dan suatu kerangka. Fosfolipid mempunyai kerangka gliserol dan 2 gugus asil. Kerangka gliserol pada Fosfolipid di tempati oleh gugus fosfat yang terikat pada amino alkohol. Fungsi Fosfolipid adalah sebagai surfaktan paru-paru untuk mencegah perlekatan dinding alveoli paru-paru sewaktu ekspirasi.

Protein

Protein memiliki peran yang penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan virus yang mengandung karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan kadang kala sulfur serta fosfor. Sebagian besar protein merupakan enzim atau subunit enzim. Beberapa jenis protein lain memiliki fungsi struktural atau mekanis, misalnya dalam membentuk batang dan sendi sitoskeleton. Protein juga terlibat dalam sistem imun sebagai antibodi dan sebagai sistem kendali dalam bentuk hormon.

Baca juga:  Ovarium Adalah Tempat Terjadinya Sel Telur

Oligosakarida

Oligosakarida adalah gabungan dari molekul-molekul monosakarida yang memiliki jumlah antara 2 sampai 8 molekul monosakarida. Oligosakarida dapat berbentuk disakarida, trisakarida dan lainnya. Oligosakarida yang terbentuk secara alami di alam hanya sedikit sekali, sebagian besar dihasilkan dari proses hidrolisa polisakarida. Oligosakarida yang terdapat di alam adalah dalam bentuk disakarida seperti maltosa, laktosa dan sukrosa.

Kolesterol

Kolesterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah adalah sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol merupakan jenis khusus lipid yang disebut steroid dan memiliki struktur kimia khusus. Kolesterol memiliki struktur yang terdiri atas 4 cincin atom karbon.

 

Fungsi membran sel

 

Fungsi membran sel

Membran sel juga mempunyai fungsi sebagai lalu lintas molekul dan ion secara dua arah. Molekul yang bisa melewati membran sel antara lain ialah molekul hidrofobik (CO2, O2), dan molekul polar yang sangat kecil (air, etanol). Namun, molekul lainnya seperti molekul polar dengan ukuran besar (glukosa), ion, dan substansi hidrofilik memerlukan mekanisme khusus agar dapat masuk ke dalam sel.