skip to Main Content
1-800-987-654 admin@totalwptheme.com Open 7AM - 8PM

Fungsi Tulang Betis

Fungsi tulang betis adalah sebagai salah satu anggota gerak bagian bawah yang membantu kita dalam bergerak. Tulang betis terletak di bagian belakang bawah dari tungkai pada anatomi tubuh manusia. Betis terdiri dari jaringan otot dan tulang betis yang disebut dengan fibula.

Anggota gerak bagian bawah disebut dengan kaki, yang terdiri dari tulang dan jaringan otot. Tulang yang tersusun pada kaki diantaranya adalah: tulang paha, tulang tempurung kaki, tulang kering, tulang betis, tulang pergelangan kaki, tulang telapak kaki dan tulang jari-jari kaki.

fungsi tulang betis

Tulang paha atau disebut femur adalah anggota tubuh terbesar dan tulang paling kuat pada tubuh manusia. Tulang paha menghubungkan tubuh bagian pinggul dan lutut. Tulang paha terdiri dari bagian kepala dan leher pada bagian proksimal dan dua condylus pada bagian distal. Kepala tulang paha akan membentuk sendi pada pinggul. Bagian proksimal lainnya yaitu trochanter major dan trochanter minor menjadi tempat perlekatan otot. Salah satu fungsi penting kepala tulang paha adalah tempat produksi sel darah merah pada sumsum tulangnya.

Tulang tempurung kaki atau tulang lutut disebut juga patella adalah tulang berbentuk segitiga dan tebal yang akan bersendi dengan tulang paha (femur). Fungsi tulang tempurung adalah membungkus dan melindungi sendi lutut. Tulang lutut termasuk ke dalam tulang sesamoid yang berkembang dari tendon otot quadriceps femoris.

Fungsi tulang betis

Sebagai anggota gerak bagian bawah, tulang betis mempunyai fungsi:

  • Menopang tubuh dan memberi kekuatan pada otot saat bergerak
  • Melindungi bagian kaki
  • Melekatkan bagian lutut
  • Tempat pembentukan sel darah merah
  • Pendukung tulang kering
  • Menjaga keseimbangan tubuh
  • Menyimpan garam mineral dalam tubuh
  • Melindungi kaki dari benturan
  • Anggota yang terhubung langsung dengan pergelangan kaki
Baca juga:  Selat Dardanela Merupakan Salah Satu Batas Pemisah Antara

Sebagai anggota gerak bagian bawah yang sangat penting  kita harus menjaga tulang betis jangan sampai kehilangan fungsinya. Kita mesti menjaga tulang dan anggota tubuh lainnya dari benturan yang sangat keras. Benturan yang sangat keras dapat membuat cidera hingga tulang menjadi patah. Jadi selalu berhati-hati dalam berkendara maupun berolahraga.