skip to Main Content
1-800-987-654 admin@totalwptheme.com Open 7AM - 8PM

Hak Prerogatif diartikan Sebagai Kekuasaan

Hak prerogatif diartikan sebagai kekuasaan adalah hak khusus atau istimewa yang diberikan kepada pemerintah atau penguasa suatu negara. Berdasarkan sejarah, hak prerogatif bagi seorang raja pertama kali diterapkan dalam sistem ketatanegaraan di kerajaan Inggris.

Prerogatif dalam bahasa latin yaitu praerogativa yang artinya dipilih sebagai yang paling dahulu memberi suara. Praerogativus diartikan diminta sebagai yang pertama memberi suara. Dalam bahasa lain yaitu Praerogare artinya adalah diminta sebelum meminta yang lain.

Hak menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai kekuasaan atau kewenangan untuk melakukan sesuatu. Sedangkan prerogatif didefinisikan sebagai keistimewa seorang kepala negara dalam hukum dan undang-undang di luar kekuasaan badan-badan perwakilan. Selanjutnya dalam KBBI bahwa hak prerogatif adalah hak istimewa seorang kepala negara dalam pemerintahan. Hak istimewa ini misal memberi tanda jasa, gelar, grasi, amnesti.

Hak prerogatif diartikan sebagai kekuasaan

Hak istimewa ini memberikan keleluasaan bagi penguasa untuk memutuskan sesuatu berdasarkan pertimbangan sendiri. Hak istimewa ini dapat dilakukan menurut kehendak pribadi penguasa tanpa alasan apapun. Menurut sistem Presidensial hak istimewa ini disebut dengan istilah “hak prerogatif Presiden”. Hak istimewa ini merupakan kekuasaan mutlak Presiden yang tidak dapat diganggu oleh pihak lain.

Definisi Hak prerogatif dalam bidang hukum adalah hak khusus atau istimewa yang diberikan kepada pemerintah atau penguasa suatu negara dan diberikan kepada seorang atau sekelompok orang, yang terpisah dari hak-hak masyarakat menurut hukum yang berlaku. Hak prerogatif menurut John Locke (1689) adalah “kekuasaan tanpa memastikan ketentuan hukum, kadang-kadang bahkan melawan hukum menurut keputusan sendiri untuk kebaikan publik”.

Pada sistem pemerintahan negara-negara modern, hak ini dimiliki oleh kepala pemerintahan dalam bidang-bidang tertentu yang dinyatakan dalam konstitusi. Hak prerogatif memberikan keleluasaan bagi pemegang kekuasaan untuk menentukan sesuatu tanpa dapat diawasi. Hak ini tidak bisa dihilangkan oleh orang lain karena kedudukannya yang agung dan berdaulat. Karena itulah hak ini memiliki kecenderungan untuk disalah gunakan oleh rezim yang sedang berkuasa.

Baca juga:  Keunikan Pakaian Adat Jawa Barat