skip to Main Content
1-800-987-654 admin@totalwptheme.com Open 7AM - 8PM

Kewajiban Manusia Terhadap Sungai

Kewajiban manusia terhadap sungai | Sungai merupakan aliran air yang besar dan memanjang mengalir secara terus-menerus dari hulu menuju hilir. Sungai adalah salah satu bagian dari siklus hidrologi di bumi. Air sungai umumnya merupakan kumpulan dari hujan, embun, mata air, limpasan bawah tanah. Pada daerah dan negara tertentu air sungai juga berasal dari lelehan es atau salju.

Sungai mempunyai manfaat untuk irigasi pertanian, bahan baku air minum, sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah. Sungai juga memiliki potensi untuk dijadikan sebagai objek wisata. Indonesia saat ini mempunyai 5.950 daerah aliran sungai (DAS) yang menyebar disetiap pulau. Saat ini sungai dikembangkan menjadi wahana konservasi habitat dan ekosistem alam. Sungai penting untuk berbagai jenis tanaman, ikan, burung, dan beberapa jenis mamalia lainnya.

Kewajiban manusia terhadap sungai

Kewajiban manusia terhadap sungai

Sungai harus selalu dijaga agar habitat sekitarnya tetap lestari dan mencegah terjadinya bencana banjir dan kekeringan. Menjaga sungai harus dimulai dari sumbernya yaitu daerah hulu sungai. Hulu sungai biasanya berasal dari sumber mata air daerah hutan di pegunungan. Penebangan hutan yang serampangan membuat sumber mata air menjadi berkurang, akibatnya adalah kekeringan. Hutan yang sudah gundul tidak bisa lagi menyerap air hujan sehingga dapat menyebabkan banjir.

Sungai yang berada di daerah padat penduduk perlu dikendalikan atau dikontrol supaya lebih bermanfaat dan mencegah dampak negatif yang bisa terjadi. Salah satu cara pengendalian sungai adalah dengan membuat bendungan. Bendungan dibuat untuk mengontrol aliran sungai, menyimpan air dan menghasilkan energi. Untuk mencegah sungai meluap dan menggenangi pemukiman penduduk harus dibangun tanggul. Badan sungai bisa ditata sebagai jalur transportasi atau diluruskan untuk meningkatkan kapasitas aliran.

Baca juga:  Mengapa Kerajaan Sriwijaya Disebut Sebagai Kerajaan Maritim

Kita wajib menjaga sungai jangan sampai kotor dan tercemar. Kebiasaan membuang sampah disungai dapat mengotori dan mencemari sungai. Limbah industri yang dibuang secara sembarangan tanpa pengolahan terlebih dahulu bisa juga mencemari sungai. Limbah industri mengandung zat-zat beracun yang dapat membunuh ikan dan binatang sungai lainnya. Air sungai yang tercemar tidak bisa dimanfaatkan menjadi air baku. Mengkonsumsi air sungai yang tercemar dapat mendatangkan berbagai penyakit yang berbahaya bagi kesehatan.