skip to Main Content
1-800-987-654 admin@totalwptheme.com Open 7AM - 8PM

Niat Sholat Isya Lengkap Dengan Bacaan dan Artinya

Niat sholat isya lengkap dengan bacaan dan artinya | Sholat Isya adalah salah satu dari sholat wajib yang 5 waktu. Sholat Isya dikerjakan sebanyak 4 rakaat yang dimulai dari takbir dan diakhiri dengan salam. Diantara sholat wajib yang 5 waktu, sholat isya dikerja paling akhir yaitu setelah habis waktu sholat maghrib.

Niat sholat isya lengkap dengan bacaan dan artinya

Melafalkan niat sebelum sholat masih menjadi perdebatan pada umat Islam. Seperti keterangan dari website https://konsultasisyariah.com

Melafalkan niat tidak ada asalnya (tidak memiliki landasan) dalam agama Islam. Akan tetapi, hanya merupakan salah paham beberapa orang dari perkataan Imam Syafi’i ketika beliau mengatakan bahwa seseorang tidak sah (untuk) melakukan shalat kecuali harus dengan ucapan. Maksud dari ucapan beliau adalah ucapan takbiratul ihram, tetapi mereka menafsirkan dengan tafsir yang salah, yaitu melafalkan niat.

Sebagai bukti maksud perkataan Imam Syafi’i adalah takbiratul ihram dan bukan melafalkan niat adalah sebagai berikut:

  • Setelah mengucapkan kalimat tersebut, Imam Syafi’i sendiri langsung membahas masalah takbiratul ihram.
  • Tidak ada satu pun hadits yang shahih tentang melafalkan niat. Bahkan, tidak ada hadits yang lemah sekalipun tentang hal itu.
  • Melafalkan niat tidak pernah diajarkan oleh Rasulullah, para sahabatnya, para tabi’in, dan empat imam mazhab sekalipun.

Melafalkan niat shalat pada saat menjelang takbiratul ihram menurut kesepakatan para pengikut mazhab Imam Syafi’iy (Syafi’iyah) dan pengikut mazhab Imam Ahmad bin Hambal (Hanabilah) adalah sunnah, karena melafalkan niat sebelum takbir dapat membantu untuk mengingatkan hati sehingga membuat seseorang lebih khusyu’ dalam melaksanakan shalatnya. (sumber: nu.or.id)

Niat sebagai imam:

Niat sholat isya

Artinya: Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu Isya’ sebanyak empat raka’at dengan menghadap kiblat, sebagai imam karena Allah Ta’ala.

Baca juga:  Jelaskan Pengertian Halalan Thayyiban

Niat sebagai makmum:

Niat makmum sholat isya

Artinya: Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu Isya’ sebanyak empat raka’at dengan menghadap kiblat, sebagai makmum, karena Allah Ta’ala.

Kerjakan berjamaah di masjid

Sholat Isya dan sholat wajib lainnya lebih utama dikerjakan berjamaah di masjid. Berdasarkan Hadist Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam yang diriwayat oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu. Hadist tersebut berbunyi sebagai berikut:

Pahala yang besar didapat oleh seseorang jika menjalankan Shalat Isya dan Subuh berjamaah. Tidak hanya 27 derajat, Shalat Isya berjamaah disamakan dengan amalan shalat sepanjang separuh malam. Sementara shalat Subuh berjamaah diganjar pahala seperti shalat semalam penuh.