skip to Main Content
1-800-987-654 admin@totalwptheme.com Open 7AM - 8PM

Ovarium Adalah Tempat Terjadinya Sel Telur

Ovarium adalah tempat terjadinya sel telur atau ovum yang merupakan sel reproduksi pada manusia. Sel telur melalui proses yang panjang sebelum matang dan siap dibuahi oleh sperma yang disebut dengan oogenesis. Oogenesis adalah tahapan awal dari proses reproduksi pada wanita, oogenesis hampir mirip dengan spermatogenesis.

Fakta: ternyata janin sudah mulai memproduksi sel telur yang terjadi sembilan minggu setelah proses pembuahan. Saat usia kehamilan enam bulan, janin perempuan telah memiliki lebih dari tujuh oosit atau sel telur. Ketika dilahirkan, sebagian besar sel telur yang belum matang tersebut mati, dan hal ini normal terjadi.

Ovarium adalah tempat terjadinya?

Ovarium terletak di kiri-kanan dari uterus (rahim) yang berfungsi memproduksi sel telur dan mengeluarkan hormon. Ovarium berfungsi mengeluarkan hormon steroid dan peptida seperti estrogen dan progesteron. Kedua hormon ini penting dalam proses pubertas wanita dan ciri-ciri seks sekunder. Tanda awal dari pubertas pada anak perempuan adalah tumbuhnya rambut-rambut pada daerah tertentu dan payudara membesar. Tanda-tanda itu muncul pada usia 10 tahun ke atas dan perubahan fisik yang terjadi bertanggung-jawab atas munculnya dorongan seks.

Ovarium adalah tempat terjadinya

Ovarium memiliki dua struktur yaitu ligamen dan mikroanatomi. Ligamen adalah suatu jaringan ikat padat yang tersusun atas jejeran serat kolagen yang horizontal. Ovarium sendiri terdiri atas ligamen yang luas yang disebut mesovarium. Mesovarium tersusun atas ligamentum uterus yang menutupi ovarium. Selain itu, cabang dari ligamentum uterus posterior yang luas akan membentuk ikatan dengan ovarium dinamakan ligamentum ovarium suspensori.

Mikroanatomi dari ovarium yaitu: Jaringan Epitel dan Lapisan Ovarium. Jaringan epitel yang menyusun ovarium adalah jaringan epitel kubus berlapis banyak. Jaringan epitel ini berbentuk kuboid dengan inti yang terletak di tengah dan berwarna gelap. Lapisan luar dari ovarium disebut epitel germinal. Lapisan ovarium sendiri terdiri atas tiga lapisan yaitu lapisan luar yang terdiri atas folikel dan stroma. Di dalam folikel, terdapat zona pelusidal, membran granulosa, dan lain-lain. Lapisan kedua yaitu korteks yang tersusun atas korpus luteum. Lalu, lapisan paling dalam adalah medula ovarium.

Baca juga:  Gambarkan Siklus Air dan Penjelasannya