skip to Main Content
1-800-987-654 admin@totalwptheme.com Open 7AM - 8PM

Penemu Sepak Bola Pertama Kali

Penemu sepak bola atau yang pertama kali memainkan olahraga menendang bola adalah masyarakat Tiongkok pada abad ke 2 atau ke 3 sebelum masehi. Dalam masa pemerintahan Dinasti Han, masyarakat Tiongkon menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil. Olahraga seperti ini juga dimainkan di Jepang yang mereka namakan dengan Kemari. Pada abad ke-16 permainan menendang dan membawa bola juga digemari oleh masyarakat Italia.

Olahraga sepak bola modern dengan peraturan-peraturan dasar dimulai dan berkembang di kerajaan Inggris Raya. Namun pada tahun 1365 Raja Edward III melarang olahraga ini karena menimbulkan banyak kekerasan selama pertandingan. Larangan Raja Edward III ini juga didukung oleh Raja James I dari Skotlandia.

Penemu sepak bola

Pada tahun 1815 olahraga sepak bola kembali menjadi terkenal di lingkungan universitas dan sekolah. Pada tahun 1863 di Freemasons ketika 11 sekolah dan klub berkumpul dan merumuskan aturan baku menandai kelahiran sepak bola modern. Pada aturan baku tersebut terjadi pemisahan yang jelas antara olahraga rugby dengan sepak bola. Membawa bola dengan tangan dalam sepak bola mulai dilarang pada tahun 1869. Olahraga sepak bola mulai menyebar ke penjuru dunia karena dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara Inggris selama tahun 1800-an.

Posisi pemain sepak bola

Jumlah pemain dalam satu tim sepak bola yaitu sebanyak 11 orang, terdiri dari 1 orang penjaga gawang, 2-5 orang pemain bertahan, 2-5 orang pemain tengah, dan 1-3 orang penyerang. Satu-satunya pemain sepak bola yang boleh menggunakan tangan adalah penjaga gawang atau kiper. Penjaga gawang boleh menggunakan tangan untuk menagkap bola, menghalangi bola menuju gawang serta mengoper bola kepada pemain lain.

Baca juga:  Tujuan Utama Latihan Kebugaran Jasmani

Penemu sepak bola

Pemain bertahan atau back mempunyai peran sebagai penghalang dan menutup pergerakan tim lawan ketika mengarah ke daerah gawang. Pemain tengah memiliki peran yang sangat penting dalam mengatur tempo dan alur permainan. Pemain tengah juga berperan untuk membantu pemain bertahan serta striker dalam mencetak gol. Selain itu tim sepak bola memiliki pemain sayap atau winger yang berperan di sisi kanan atau kiri lapangan. Pemain penyerang atau striker mempunyai peran utama untuk mencetak gol ke gawang lawan.

Lapangan sepak bola

Lapangan sepak bola untuk pertandingan internasional dewasa adalah memiliki panjang antara 100-120 meter dan lebar 65-75 meter. Area gawang terletak pada kedua ujung lapangan pada bagian tengah. Area gawang ini berbentuk persegi empat berukuran dengan lebar 7.32 meter dan tinggi 2.44 meter. Di depan gawang terdapat area penalti yang berjarak 16.5 meter dari gawang sebagai batas kiper boleh menangkap bola dengan tangan.

Lama permainan sepak bola

Pertandingan sepak bola normal berjalan selama 2 X 45 menit, ditambah istirahat selama 15 menit di antara kedua babak. Perpanjangan waktu selama 2 X 15 menit dilakukan bila kedua tim mempunyai hasil imbang. Bila hasil permainan tetap imbang setelah perpanjangan waktu, wasit memutuskan untuk diadakan adu penalti. Pada setiap akhir babak wasit menetapkan waktu tambahan sebagai pengganti dari waktu yang hilang akibat pergantian pemain, cedera yang membutuhkan pertolongan, ataupun penghentian lainnya. Waktu tambahan ini disebut sebagai injury time atau stoppage time.