skip to Main Content
1-800-987-654 admin@totalwptheme.com Open 7AM - 8PM

Social distancing Artinya dan Istilah Lain Menyangkut Covid-19

Social distancing artinya adalah upaya untuk mengurangi jumlah kegiatan atau aktivitas di luar rumah dan interaksi dengan orang lain. Langkah Social distancing termasuk dengan cara menghindari berkunjung ke tempat yang ramai dikunjungi orang. Hindari tempat-tempat seperti mall, supermarket, pasar, bioskop, tempat ibadah dan stadion. Langkah pembatasan ini juga mengharuskan orang yang sedang berada di tempat umum untuk menjaga jarak sekitar 1,5 meter dari orang lain.

Social distancing artinya

Social distancing merupakan salah satu cara untuk membatasi penyebaran virus corona baru atau Covid-19. WHO sudah menetapkan wabah virus ini sebagai pandemi diseluruh dunia. Infeksi virus corona baru pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus corona menular dengan cepat dan menyebar ke wilayah lain di Cina serta ke beberapa negara, termasuk Indonesia.

Corona virus merupakan kumpulan virus yang menyerang atau menginfeksi sistem pernapasan. Virus Covid-19 ini bisa menyerang siapa saja, mulai dari bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui. Pada banyak kasus, virus covid19 dapat menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Belakangan, virus ini ternyata bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia), Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Social-distancing-artinya

 

Gejala Virus Corona

Gejala yang timbul bila seseorang terinfeksi virus Corona atau COVID-19 diantaranya adalah mengalami gejala flu, seperti demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan sakit kepala. Gejala lain dapat berupa penyakit infeksi pernapasan berat, seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada. Berdasarkan penelitian, gejala COVID-19 muncul dalam waktu 2 hari sampai 2 minggu setelah terpapar virus Corona.

Baca juga:  Tujuan Utama Latihan Kebugaran Jasmani

Secara umum terdapat 3 gejala yang bisa mengindikasikan seseorang terinfeksi virus Corona, yaitu:

  • Demam (suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius)
  • Batuk
  • Sesak napas

Bila seseorang mengalami gejala infeksi seperti yang disebutkan di atas, segera datang ke rumah sakit untuk memeriksa kesehatan. Terutama jika gejala muncul 2 minggu setelah kembali dari daerah yang memiliki kasus COVID-19 atau berinteraksi dengan penderita infeksi virus Corona. Bila seseorang yang mungkin terpapar virus Corona namun tidak mengalami gejala apa pun, tidak perlu pergi ke rumah sakit cukup tinggal di rumah selama 14 hari dan membatasi kontak dengan orang lain.

Istilah lain menyangkut Covid-19 yang menjadi sangat populer adalah Lockdown. Lockdown artinya adalah situasi atau keadaan yang melarang warga untuk masuk atau keluar ke suatu tempat karena kondisi darurat. Lockdown juga bisa berarti negara yang menutup perbatasannya, agar tidak ada orang yang masuk atau keluar dari negaranya.