skip to Main Content
1-800-987-654 admin@totalwptheme.com Open 7AM - 8PM

Sungai Terpanjang di Benua Amerika

Sungai terpanjang di benua Amerika adalah sungai Amazon yang memiliki panjang aliran sungai sekitar 7.200 km. Sungai Amazon terletak di Amerika Selatan yang melalui beberapa negara antara lain Brazil, Peru, Ekuador, Kolombia dan Bolivia. Sungai Amazon mempunyai hulu yang berasal dari dataran tinggi Andes. Sungai ini bermuara atau berakhir pada Samudra Atlantik di khatulistiwa.

Sungai terpanjang di benua Amerika ini berada di pedalaman Hutan Amazon dengan aliran sungai yang berliku-liku. Sungai ini menjadi habitat dari hewan endemik seperti ikan piranha yang terkenal sebagai ikan terganas. Ikan Piranha terkenal memiliki gigi yang sangat tajam dan pemakan daging. Hollywood sering membuat film tentang keganasan Ikan piranha sehingga mereka memiliki citra menakutkan. Ikan Piranha sebenarnya tidak seberbahaya itu, dan sering dibudidayakan dalam Akuarium di rumah.

Sungai terpanjang di benua Amerika

Selain Piranha terdapat pula jenis ikan lain seperti Arapaima atau Piracuru yang termasuk ikan air tawar terbesar di dunia. Ikan Arapaima sungai Amazon memiliki bobot sekitar 200 kilogram dengan panjang tubuh mencapai 3 meter. Arapaima yang berukuran lebih dari 2 meter sudah jarang ditemukan karena sering ditangkap untuk dikonsumsi penduduk atau diekspor ke negara lain.

Hewan endemik sungai Amazon lainnya yang terkenal adalah ular Anaconda. Jenis terbesar dari ular ini adalah anakonda hijau (Eunectes murinus), yang pernah ditemui memiliki diameter tubuh mencapai 0.85 meter. Anakonda termasuk golongan ular boa, tetapi tidak seperti boa jenis lainnya ular ini hidup tidak jauh dari air (semi-akuatik).

Ular Anaconda

Sungai terpanjang ke dua di Banua Amerika setelah Amazon

Sungai Mississippi merupakan sungai terpanjang ke dua setelah Amazon. Sungai ini memiliki panjang aliran sejauh 3,734 km (2,320 mi). Sungai Mississippi bersumber pada Danau Itasca di Minnesota dan berujung pada Teluk Meksiko. Nama “Mississippi” berasal dari bahasa penduduk asli Amerika yang berarti “bapak air.”

Baca juga:  Bagaimana Rumusan Dasar Negara Dalam Naskah Piagam Jakarta

Sumber mata air sungai Mississippi berada di negara bagian Minnesota yang berbatasan dengan Kanada. Mississippi mengalir dari selatan melintasi tengah Amerika Serikat. Sungai ini juga melewati negara bagian Wisconsin, Iowa, Illinois, Missouri, Kentucky, Tennessee, Arkansas, dan Mississippi. Sungai ini mempunyai muara di negara bagian Louisiana, selatan kota New Orleans.