skip to Main Content
1-800-987-654 admin@totalwptheme.com Open 7AM - 8PM

Ukuran Lapangan Badminton

Ukuran lapangan badminton secara internasional ditetapkan oleh Badminton World Federation (BWF). Lapangan permainan badminton berbentuk persegi panjang terdiri atas dua bidang yang saling berhadapan. Kedua bidang lapangan terpisah dengan net yang membentang di bagian tengah.

Olahraga badminton atau kenal juga dengan bulu tangkis sangat populer di Indonesia. Negara indonesia memiliki banyak atlit yang berprestasi sampai ketingkat internasional. Bahkan beberapa diantara atlit tersebut terkenal sebagai pemain legendaris, diantaranya Rudi Hartono, Liem Swie King, Taufik Hidayat dan lainnya. Susi Susanti terkenal sebagai ratu bulu tangkis dan suaminya Alan Budi Kusuma yang juga salah satu legenda bulu tangkis.

Ukuran lapangan badminton yang telah ditetapkan sesuai standar internasional adalah sebagai berikut:

  • Panjang Lapangan = 13,40 m
  • Lebar Lapangan = 6,10 m
  • Jarak garis servis depan dari garis net = 1,98 m
  • Jarak garis servis tengah dari garis samping lapangan = 3,05 m
  • Jarak garis servis belakang (untuk permainan ganda) dari garis belakang lapangan = 0,76 m
  • Jarak garis samping permainan tunggal dari garis pinggir lapangan = 0,46 m
  • Tinggi tiang net = 1,55 m
  • Tinggi net = 1,52 m

Garis lapangan memiliki ukuran 40 mm dan mempunyai warna yang kontras dengan lapangan permainan. Permukaan lapangan disarankan terbuat dari kayu atau bahan sintetis yang lunak. Permukaan lapangan yang terbuat dari beton atau bahan sintetik yang keras sangat tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan cedera pada pemain.

Ukuran-lapangan-badminton

 

Lapangan badminton untuk pertandingan partai tunggal memiliki ukuran yang berbeda dengan pertandingan ganda. Lapangan pertandingan partai tunggal, lebar area permainan menggunakan garis lapangan samping bagian dalam dan dalam panjangnya memakai garis belakang bagian luar. Area pertandingan partai ganda, lebar lapangan memakai garis luar bagian samping dan untuk panjangnya menggunakan garis belakang bagian luar.

Baca juga:  Penemu Sepak Bola Pertama Kali

Federation bulu tangkis internasional menyelenggarakan beberapa kompetisi rutin termasuk Piala Thomas dan Piala Uber. Kompetisi ini diadakan satu dalam dua tahun. Negara indonesia juga rutin melaksanakan Piala Sudirman setiap dua tahun sejak tahun 1989. Untuk menjuarai kompetisi, setiap negara harus bermain dengan baik di semua nomor (ganda dan tunggal putra, ganda dan tunggal putri, dan ganda campuran).